Kebijakan privasi

Digital Trends App

1 Ulasan

GfK dengan bantuan dari GfK SE di Jerman sedang melaksanakan
program di negara Indonesia yang mempelajari penggunaan internet penggunaan internet di antara para konsumen (“Program”). Program itu disebut Program Digital Trends dan adalah proyek riset pasar yang memungkinkan GfK untuk lebih mengetahui konsumsi cross-media para pengguna. GfK and GfK SE adalah anggota dari “GfK Grup” (“GfK Grup” atau “GfK”). The “GfK Grup” mencakup lebih dari 200 perusahaan di Eropa dan di luar negeri yang kepemilikan dari semuanya didominasi oleh GfK SE. GfK adalah pengawas data dan agen riset pasar yang bertanggung jawab terhadap Program. GfK SE adalah data prosesor untuk Program.

Bagian utama dari Program mengandalkan suatu perangkat lunak bernama Digital Trends App (App atau GfK App) yang dikembangkan oleh GfK SE yang mana anda harus menginstalasinya secara berhasil pada perangkat mobile anda dan yang kemudian akan merekam web browsing anda dan perilaku penggunaan perangkat anda sepanjang diuraikan lebih lanjut di bawah ini.

Privasi anda dan perlindungan data personal anda adalah yang paling terpenting terhadap seluruh pihak yang terlibat. “GfK Grup” dan perusahaan afiliasinya sebagai perusahaan riset pasar berkomitment penuh untuk mematuhi peraturan perlindungan data yang berlaku dan standar profesional yang berlaku atas industri riset pasar.

Mohon diperhatikan dimana menonaktifkan atau secara keseluruhan membuang (uninstalling) Perangkat Lunak, menggunakan web browser yang tidak kompatibel, atau mematikan koneksi internet anda secara umum akan menghentikan aliran data kepada kami dan dapat mempengaruhi kelayakan anda terhadap Program.

Kebijakan Privasi lengkap dari Program adalah tercantum di bawah.

 

2 Pihak ketiga dengan siapa kami menginformasikan Informasi Personal

GfK akan mengungkapkan secara personal atas informasi yang teridentifikasi dan informasi lainnya yang dikumpulkan melalui keikutsertaan anda dalam Program kepada pihak ketiga sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hukum yang berlaku atau sebagai tanggapan dari suatu panggilan atau suatu perintah dari pengadilan atau instansi pemerintah.
  2. Terhadap panel-panel dari perusahaan GfK Grup jika anda daftar untuk lebih dari satu panel.
  3. Kepada induk, anak perusahaan, atau perusahaan afiliasi GfK Grup: (i) dalam hal regorganisasi atau restrukturisasi, atau (ii) untuk digunakan dan memproses sesuai dengan Kebijakan Privasi atau sebagaimana diberikan kewenangan oleh anda.
  4. Terhadap agen-agen dan/atau subkontraktor yang diberikan kewenangan oleh perusahaan GfK Grup, yang memberikan jasa-jasa, termasuk, namun tidak terbatas pada, data layanan tambahan, data layanan yang tervalidasi, layanan pencocokan database, layanan pengkodean (coding), data layanan segmentasi, dan penghargaan, insentif, dan layanan lain terkait undian.
  5. Terhadap klien dari perusaah GfK Grup untuk penggunaan lain terkait riset pasar termasuk, namun tidak terbatas pada, pembuatan model (modeling), validasi, data tambahan, database segmentasi, dan penghargaan, insentif, atau penebusan undian, pemenuhan, dan/atau masuknya sehubungan dengan keikutsertaan anda dalam atau penyelesaian dari suatu survei.
  6. Sehubungan dengan perubahan kepemilikan, pengendalian, termasuk, namun tidak terbatas pada, suatu penggabungan atau akuisisi dari setiap atau seluruh aset-aset usaha GfK, dengan ketentuan bahwa pihak yang menerima atau mengakuisisi informasi yang secara personal teridentifikasi setuju untuk menggunakan, melindungi, dan menjaga keamanan, integritas, dan kerahasiaan dari informasi yang secara personal teridentifikasi sesuai dengan Kebijakan Privasi.
  7. Dengan persetujuan apapun yang anda berikan di luar kebijakan privasi ini.
  8. Sebagaimana diperkenankan lain berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

 

3 Manajemen dan keamanan data

3.1 Manajemen Data

Aplikasi mengumpulkan informasi atas penggunaan internet dan perangkat mobile anda. Sesuai dengan peraturan perlindungan data yang berlaku dan standar profesional yang berlaku atas industri riset pasar sehubungan dengan negara asal dari pengumpulan data, data web idividual dan informasi personal anda akan disimpan dan dipindahkan ke pusat data grup GfK atau pusat data dari perusahaan hosting pihak ketiga yang ditunjuk di Uni Eropa atau luar negeri dimana perusahaan-perusahaan grup GfK, termasuk namun tidak terbatas pada GfK dan GfK SE, memiliki akses terhadapnya. Seluruh pihak penyedia pihak ketiga yang terlibat secara kontraktual akan diwajibkan untuk merahasiakan informasi anda dan menggunakan informasi tersebut hanya untuk tujuan dimana mereka ditunjuk.

Entitas legal GfK di Amerika Serikat yang terlibat dalam Program wajib tunduk kepada U.S.-EU Safe Harbor Framework dan U.S.-Swiss Safe Harbor Framework yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan Amerika Serikat sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan, dan retensi atas Data Personal dari negara-negara anggota Uni Eropa dan Swiss. Entitas US GfK yang relevan telah menyatakan bahwa mereka tunduk kepada Safe Harbor Privacy Principles ("Prinsip") atas pemberitahuan, pilihan, pengalihan selanjutnya, keamanan, integritas data, akses, dan penegakan. Untuk mengetahetahui lebih lanjut mengenai program Safe Harbor, dan melihat sertifikasi GfK, silahkan mengunjungi www.export.gov/safeharbor/

3.2 Keamanan Data

Perusahaan-perusahaan Grup GfK, yang terlibat dalam Program telah melaksanakan upaya-upaya keamanan secara fisik, organisasi, kontraktual, dan teknologi guna melindungi informasi personal anda dari kehilangan atau pencurian, akses yang tidak sah, pengungkapan, pembuatan Salinan, penggunaan atau modifikasi. Pegawai-pegawai yang diberikan akses terhadap informasi personal anda adalah mereka yang ‘memilki keharusan untuk mengetahuinya’ untuk keperluan bisnis atau yang tugasnya menyaratkan dirinya untuk mengetahui informasi tersebut. Seluruh dari perusahaan yang terlibat telah melaksanakan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi basis data yang mencakup informasi personal anda. Sistem yang digunakan untuk menyimpan informasi personal anda berlokasi di pusat data yang aman.Perusahaan-perusahaan Grup GfK yang terlibat dalam proyek mencegah intrusi elekronik dengan menggunakan teknologi firewall. Pegawai yang diberikan atas akses informasi personal anda hanya dapat mengaksesnya dengan menggunakan koneksi yang aman dan password dari jaringannya yang terkait.

Namun disayangkan, tiada transmisi data melalui internet yang dapat dijamin 100% aman. Karenanya, walaupun kami berusaha untuk melindungi informasi personal anda, perusahaan-perusahaan Grup GfK yang terlibat dalam Program tidak dapat memastikan atau menjamin keamanan dari setiap informasi yang ditransmisikan oleh anda kepada kami atau dari produk online atau layanan kami. Ketika kami menerima transminsi anda, kami akan memberikan upaya terbaik kami untuk memastikan keamanannya pada sistem kami.

 

4 Informasi pada Aplikasi

4.1 Jenis-jenis informasi apa saja yang dikumpulkan oleh Aplikasi?

Aplikasi dibuat untuk merekam dan mengumpulkan informasi mengenai pemakaian internet dan perangkat mobile tanpa secara material merubah performa perangkat mobile atau kecepatan penelusuran internet anda.

Aplikasi mengumpulkan jenis-jenis informasi berikut:

  • Data mengenai perangkat mobile anda, termasuk namun tidak terbatas pada penyedia layanan anda, pembuatan/model perangkat anda, alamat IP dan indentifikasi unik dari perangkat mobile: baik nomor IMEI (identitas unik perangkat) atau alamat MAC (indentitas unik WiFi adaptor) atau IDFV / IDFA (“identifier for vendor” / “ID for advertiser” pada iOS) atau Android-ID atau Android Advertiser-ID atau bagian-bagian atau setiap kombinasi daripadanya,
  • Nama-nama aplikasi yang anda mulai dan tutup pada perangkat anda dan ketika anda melakukannya dan segala layanan-layanan yang bekerja pada layar belakang dan ketika dimulai atau diakhiri.
  • Waktu dimulai dan berakhirnya dari panggilan-panggilan yang masuk dan keluar, kode area, tiga dijit pertama dan suatu informasi (hash value) dari pelanggan yang dipanggil nomor telepon penelpon (dengan ketentuan nomor penelpon dipancarkan), dan tanggal serta waktu and ketika panggilan yang masuk dan keluar dimulai atau diakhiri, tetapi tidak untuk percakapan. Nomor telepon yang sangat sama akan selalu menghasilkan informasi (hash value) yang sangat sama, maka akan dimungkinkan untuk menentukan berapa banyak panggilan dengan berapa banyak nomor telepon yang berbeda yang dibuat, baik yang masuk dan keluar.
  • Tanggal dan waktu ketika pesan singkat (SMS), pesan MMS atau email dikirim atau diterima, juga untuk pesan singkat (SMS) dan pesan MMS kode area dari nomor ponsel pengirim atau penerima dan suatu informasi (hash value) dari nomor telepon ini, tetapi tidak untuk alamat email dan isi dari pesannya. Nomor telepon yang sangat sama akan selalu menghasilkan informasi (hash value) yang sangat sama, maka akan dimungkinkan untuk menentukan berapa banyak panggilan dengan berapa banyak nomor telepon yang berbeda yang bertukaran, baik yang masuk dan keluar.
  • Semua permintaan HTTP dan HTTPS yang dikirim kepada remote server oleh aplikasi apapun, termasuk, namun tidak terbatas pada alamat-alamat internet (URLs) yang ada di kotak alamat (address bar) pada alat penelusuran (browser), dalam suatu sesi yang secured serta unsecured, termasuk namun tidak terbatas pada, ketentuan-ketentuan pencarian internet.
  • Informasi kualitatif mengenai koneksi jaringan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama-nama pembawa dengan mana perangkat terhubung, kekuatan sinyal, informasi jaringan selular
  • Seluruh aktifitas Bluetooth.
  • Nama file, waktu penggunaan, waktu mulai dan berakhirnya file audio dan video yang dibukan pada perangkat
  • Data lokasi: apabila secara teknis App akan menentukan lokasi dari perangkat dimana terinstal dengan potensial deviasi kurang dari 10 meter dari posisi aktual, sampai dengan setiap waktu 60 detik, dan mentransmisikannya kepada GfK..
  • HTTP dan HTTPS cookies: Mohon juga merujuk kepada bagian “Pemberitahuan bagi pengguna Apple” dan “Penggunaan Cookies” di bawah.

 

4.2 Jenis-jenis informasi apa saja yang tidak dikumpulkan oleh Aplikasi?

Aplikasi tidak mengumpulkan keystrokes, nama pengguna, password, nomor kartu kredit atau nomor rekening finansial lain kecuali suatu website akan menambahkan informasi tersebut ke dalam alamat internet (URL). Tolong dipastikan bahwa pengumpulan informasi personal bukanlah tujuan dari Program, dan setiap data personal tidak akan digunakan untuk kegiatan yang dituju atau kegiatan periklanan jika ditemukan ketika telah dikumpulkan.

Tergantung pada bagaimana situs web yang anda kunjungi mengirim informasi, tidak dapat dikesampingkan bahwa GfK mendapatkan akses ke informasi pribadi anda, termasuk informasi sensitif seperti misalnya, mengenai etnis anda, pendapat politik, keyakinan agama atau filsafat, keanggotaan organisasi, kesehatan atau kehidupan seks. Yakinlah bahwa mengumpulkan informasi pribadi seperti itu adalah bukan tujuan dari program ini dan semua data pribadi yang sengaja dikumpulkan tidak akan digunakan untuk aktivitas penargetan atau iklan.

4.3 Apa makna dari “secured session” dan “HTTPS” dalam praktik dan bagaimana saya mengetahuai apakah suatu sesi pada suatu website aman?

Secured session berarti informasi yang anda tukar dengan suatu website yang terenskripsi ketika transmisi. Enskripsi digunakan oleh banyak operator website, baik melalui keseluruhan website atau secara privasi, area non-publik. Seringkali ketika anda memasukan nama pengguna (username) dan password pada websites atau mengisi formulir secara online, enskripsi digunakan. Website yang pada umumnya menggunakan enskripsi untuk mengamankan data pribadi termasuk namun tidak terbatas pada, jejaring sosial (social networks), email berbasis website, situs belanja online dan perbankan internet. Bahkan alat pencari (search-engines) dan situs publik lainnya untuk mana tidak mensyaratkan login-credentials, secara default atau berdasarkan permintaan, juga menggunakan enskripsi.

Tujuan utama dari enskripsi lalu lintas internet adalah untuk mengurangi risiko yang disebut skenario “orang yang di tengah (man in the middle)” dimana penyerang (attacker) menangkap informasi yang anda tukarkan dengan suatu website. Tanpa enskripsi, informasi tersebut disajikan dalam teks yang polos dan karenanya dapat dibaca manusia.

Indikasi untuk suatu halaman yang sedang diamankan (secured) dan di-enskripsi (encrypted) adalah ketika alamatnya (URL), yang ditampilkan dalam kotak lokasi browser, yang dimulai dengan https:// (“HyperText Transfer Protocol Secure”) daripada “http://” “http” (“HyperText Transfer Protocol”) sebagai tambahan, web browsers dapat, tetapi tidak selalu harus, secara visual mengindikasikan ketika suatu halaman dienskripsi (encrypted), sebagai contoh, melalui suatu simbol gembok yang ditampilkan di samping alamat internet, atau warna dari kotak lokasi.

4.4 Mengapa GfK mengumpulkan URLs dari halaman-halaman yang aman (secured) / terenskripsi (encrypted)?

Program mempelajari perilaku konsumen. Karena banyak website relevan yang mungkin anda kunjungi dapat saja dienskripsi secara otomatis (by default) atau segera setelah anda masuk, tidak termasuk URLs dari seluruh halaman ter-secured dari pengumpulan data akan mengenakan pelarangan yang substansial terhadap riset.

 

5 Dialog seleksi pengguna dan pilihan “Mode privasi (Private mode)”

Ketika Aplikasi diinstal pada suatu tablet, hal tersebut dimungkinkan pada keadaan tertentu, seperti mengunci perangkat, atau dari waktu ke waktu, menampilkan dialog seleksi pengguna. Jika fitur ini ada pada versi Aplikasi yang anda peroleh dari GfK, maka peserta yang telah terdaftar dapat masuk (sign in) dengan memilih namanya dari dialog ini. Pengguna yang tidak teregistrasi pada perangkat mobile harus memilih “Tamu (Guest)”. Sebelum otentikasi dialog pengguna muncul pertama kali, tiada orang dapat masuk (signed in). Setelah pengguna dipilih, itu akan menjadi pra-pilihan di masa mendatang dan anda akan dapat memilih apakah akan tetap menggunakan atau merubahnya.

Jika "Tamu (Guest)" dipilih dari dialog seleksi pengguna, Aplikasi tidak akan mengumpulkan informasi yang secara personal teridentifikasi. Khususnya, alamat-alamat (URLs) dari website yang dikunjungi akan, sebelum ditransmisikan kepada GfK, dibuang ke belakang yang diistilahkan "tingkat domain tertinggi (top level domain)" (seringkali berdasarkan kode negara atau ".com", etc.), contohnya: "https://www.google.com/", sisa dari halaman akan dihapuskan. Sebagai alternatif, Aplikasi dapat dikonfigurasikan untuk tidak mengumpulkan data sama sekali ketika "Tamu (Guest)" telah masuk (signed in), atau hanya untuk menghitung jumlah dari alamat-alamat internet yang dikunjungi oleh "Tamu (Guests)" tanpa mereka alamat-alamat yang aktual.

Aplikasi dapat menawarkan suatu “mode Pribadi (Private mode)” pada tablet dan ponser pintar (smartphones). Jika fitur ini tersedia pada versi dari Aplikasi yang anda peroleh dari GfK, suatu pilihan “mode Pribadi (Private mode)” dapat ditemukan dalam pengaturan Aplikasi. Mohon merujuk kepada manual pengguna untuk rinciannya. Memasuki “mode Pribadi (Private mode)” akan mematikan perekaman informasi sebagaimana didefinisikan oleh perjanjian ini. Hanya tanggal dan waktu yang akan tercatat dan terlaporkan ke GfK setiap saat anda menyalakan atau mematikan “mode Pribadi (Private mode)”. Dalam “mode Pribadi (Private mode)”, suatu pemberitahuan ditampilkan dari waktu ke waktu untuk mengingatkan anda bahwa “mode Pribadi (Private mode)” masih tetap diaktifkan. Anda akan selanjutnya dapat memilih apakah anda akan menon-aktifkan atau tetap mengaktifkan “mode Pribadi (Private mode)”.

Dalam hal versi Aplikasi yang anda peroleh dari GfK tidak memiliki suatu “mode Pribadi (Private mode)”, fitur ini dapat ditambahkan ketika dilakukan pemutakhiran atas Aplikasi di masa mendatang dalam rangka meningkatkan lebih lanjut perlindungan privasi.

Menggunakan mode “Tamu (Guest)” atau “mode Pribadi (Private mode)” (apabila ada) secara konstan dapat, namun demikian, membatalkan kelayakan anda terhadap Program dan penghargaan.

 

6 Informasi mengenai mode “Incognito” and pengaturan “Tidak Melacak (Do Not Track)”

Web browser modern dapat mempunyai fitur berselancar (surfing) “pribadi (private)” atau “incognito” dan sesuatu yang disebut pengaturan “Tidak Melacak (Do-Not-Track)”. Mohon diperhatikan bahwa memilih mode “pribadi (private)” atau “incognito” pada browser anda atau mengakitfikan pengaturan “Tidak Melacak (Do-Not-Track)” tidak akan mencegah pengumpulan data oleh App.

 

7 Pemberitahuan pengguna Apple

Sebagai pengguna tablet Apple (iPad) atau ponsel pintar (smartphone) (iPhone), anda akan disediakan dengan instruksi untuk mengkonfigurasi suatu Jaringan Pribadi Virtual (Virtual Private Network (VPN)) pada perangkat anda, sebagai suatu prasyarat dari keikutsertaan anda dalam suatu proyek atau panel dengan dasar GfK App. Ketika anda telah berhasil membuat pengaturan konfigurasi ini, GfK akan menghubungkan seluruh jalur internet yang dibuat oleh mobile browser anda dan aplikasi lain apapun pada perangkat anda melalui Jaringan Pribadi Virtual (Virtual Private Network (VPN)) ini. Suatu proxy server akan menangkap alamat-alamat (URLs) dari seluruh sumber dan cookies internet yang dimuat melalui HTTP dan HTTPS. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada seluruh alamat internet yang dimulai dengan “http://” atau “https://” yang anda buka di browser pada perangkat mobile anda. Alamat-alamat ini disimpan dalam server GfK untuk analisa riset pasar selanjutnya. GfK tidak akan menggunakan proxy server untuk menangkap dan secara permanen menyimpan isi berupa apapun dari dokumen-dokumen yang diminta, baik secured ataupun unsecured.

 

8 Pengguna Cookies

8.1 Apa itu cookies?

Cookies adalah file kecil yang disimpan pada perangkat mobile. Cookies memperkenankan pengenalan browser dari pengunjung websites. Karenanya pengaturan yang dibuat sendiri dapat disimpan, sebagai contohnya, untuk melakukan pencarian atau untuk daftar belanja pada belanja online. Cara ini tidak memerlukan untuk masuk ulang (re-entry). Sebagai aturan, cookies hanya dipertahankan untuk waktu yang terbatas dan untuk alasan keamanan mereka hanya dapat dibaca oleh website (domain) yang membuat cookie pada mulanya.

8.2 Bagaimana GfK menggunakan cookies?

GfK dapat menggunakan App untuk mengarahkan ulang browser anda, tidak dapat diberitahukan kepada anda sebagai pengguna, dari mana GfK atau pihak ketiga menciptakan cookies pada browser anda. GfK dapat menggunakan survei-survei untuk mana anda diundang dalam rangka keikutsertaan dalam Program untuk menciptakan cookies pada browser anda atau pemberitahuan penggunaan App dalam rangka mengirimkan anda tautan-tautan kepada website GfK dan pihak yang akan menciptakan cookies ketika anda mengunjunginya.

Cookies dari pihak ketiga berfungsi untuk menampilkan iklan pada beberapa websites publik yang besar daripada iklan yang akan muncul pada website yang sama jika Aplikasi tidak diinstal. Peserta-peserta dalam panel dan studi yang menggunakan dasar App dapat diundang untuk survei-survei mengenai periklanan yang mereka lihat di internet.

Aplikasi dapat membaca isi cookies, termasuk nomor identifikasi unik yang disimpan dalam cookies yang diciptakan oleh websites lain pada browser anda. GfK akan menganalisa isi dari cookie tersebut untuk keperluan riset pasar. Dalam beberapa hal, GfK akan menginformasikan isi dari cookie, termasuk nomor identifikasi unik yang disimpan dalam cookies, beserta dengan pemilik domains atau operator websites dari mana cookies dibuat, bersamaan dengan informasi mengenai perilaku web browsing anda sebagaimana dikumpulkan melalui Aplikasi.

 

9 Perubahan terhadap kebijakan privasi

Jika ada perubahan-perubahan terhadap kebijakan privasi kami, maka kami akan menginformasikan kepada anda melalui email dan memeperbaharui kebijakan privasi, sehingga pengguna-pengguna kami akan selalu menyadari informasi apa saja yang kami kumpulkan, bagaimana kami menggunakannya, dan dalam situasi apa, apabila ada, kami mengungkapkannya. Namun apabila kami akan menggunakan Program informasi personal peserta, termasuk alamat-alamat email, dengan cara yang berbeda dari apa yang disebutkan pada saat dikumpulkan, kami akan memberitahukan mereka melalui email. Para pengguna akan memiliki pilihan mengenai apakah kami pernah menggunakan informasi mereka dengan cara lain atau tidak.

 

10 Pertanyaan-pertanyaandan ketidak-ikutsertaan(opt-out)

Jika anda memiliki pertanyaan-pertanyaan atau terdapat suatu hal mengenai Perjanjian ini, Aplikasi atau Program, mohon dapat menghubungi kami pada alamat berikut: hotline.digital_Indonesia@gfk.com.

Anda dapat sewaktu-waktu mengakhiri keikutsertaan anda dalam Program dengan cara membuang (uninstalling) Aplikasi dari perangkat (-perangkat) anda dan memberitahukan kepada kami dengan cara menuliskan ke alamat email yang tersebut di atas. Mohon diperhatikan bahwa anda harus menghapuskan cookies secara manual.

Digital Trends Perangkat lunak

11 Ulasan

GfK, dengan bantuan dari GfK SE di Jerman sedang melaksanakan program di negara Indonesia yang mempelajari penggunaan internet penggunaan internet di antara para konsumen (“Program”). Program itu disebut Program Digital Trends dan adalah proyek riset pasar yang memungkinkan GfK untuk lebih mengetahui konsumsi cross-media para pengguna. GfK and GfK SE adalah anggota dari “GfK Grup” (“GfK Grup” atau “GfK”). The “GfK Grup” mencakup lebih dari 200 perusahaan di Eropa dan di luar negeri yang kepemilikan dari semuanya didominasi oleh GfK SE. GfK adalah pengawas data dan agen riset pasar yang bertanggung jawab terhadap Program. GfK SE adalah data prosesor untuk Program.

Bagian utama dari Program mengandalkan suatu perangkat lunak bernama Digital Trends Perangkat Lunak (“Perangkat Lunak”) yang dikembangkan oleh GfK SE yang mana anda harus menginstalasinya secara berhasil pada perangkat komputeranda dan yang kemudian akan merekam web browsing anda dan perilaku penggunaan perangkat anda sepanjang diuraikan lebih lanjut di bawah ini.

Privasi anda dan perlindungan data personal anda adalah yang paling terpenting terhadap seluruh pihak yang terlibat. “GfK Grup” dan perusahaan afiliasinya sebagai perusahaan riset pasar berkomitment penuh untuk mematuhi peraturan perlindungan data yang berlaku dan standar profesional yang berlaku atas industri riset pasar.

Perangkat Lunak kompatibel dengan browsers berikut: Google Chrome dari versi 7, Microsoft Internet Explorer dari versi 7, Mozilla Firefox dari versi 3.

Mohon diperhatikan dimana menonaktifkan atau secara keseluruhan membuang (uninstalling) Perangkat Lunak, menggunakan web browser yang tidak kompatibel, atau mematikan koneksi internet anda secara umum akan menghentikan aliran data kepada kami dan dapat mempengaruhi kelayakan anda terhadap Program.

Kebijakan Privasi lengkap dari Program adalah tercantum di bawah.

 

12 Pihak ketiga dengan siapa kami menginformasikan Informasi Personal

GfK akan mengungkapkan secara personal atas informasi yang teridentifikasi dan informasi lainnya yang dikumpulkan melalui keikutsertaan anda dalam Program kepada pihak ketiga sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hukum yang berlaku atau sebagai tanggapan dari suatu panggilan atau suatu perintah dari pengadilan atau instansi pemerintah.
  2. Terhadap panel-panel dari perusahaan GfK Grup jika anda daftar untuk lebih dari satu panel.
  3. Kepada induk, anak perusahaan, atau perusahaan afiliasi GfK Grup: (i) dalam hal regorganisasi atau restrukturisasi, atau (ii) untuk digunakan dan memproses sesuai dengan Kebijakan Privasi atau sebagaimana diberikan kewenangan oleh anda.
  4. Terhadap agen-agen dan/atau subkontraktor yang diberikan kewenangan oleh perusahaan GfK Grup, yang memberikan jasa-jasa, termasuk, namun tidak terbatas pada, data layanan tambahan, data layanan yang tervalidasi, layanan pencocokan database, layanan pengkodean (coding), data layanan segmentasi, dan penghargaan, insentif, dan layanan lain terkait undian.
  5. Terhadap klien dari perusaah GfK Grup untuk penggunaan lain terkait riset pasar termasuk, namun tidak terbatas pada, pembuatan model (modeling), validasi, data tambahan, database segmentasi, dan penghargaan, insentif, atau penebusan undian, pemenuhan, dan/atau masuknya sehubungan dengan keikutsertaan anda dalam atau penyelesaian dari suatu survei.
  6. Sehubungan dengan perubahan kepemilikan, pengendalian, termasuk, namun tidak terbatas pada, suatu penggabungan atau akuisisi dari setiap atau seluruh aset-aset usaha GfK, dengan ketentuan bahwa pihak yang menerima atau mengakuisisi informasi yang secara personal teridentifikasi setuju untuk menggunakan, melindungi, dan menjaga keamanan, integritas, dan kerahasiaan dari informasi yang secara personal teridentifikasi sesuai dengan Kebijakan Privasi.
  7. Dengan persetujuan apapun yang anda berikan di luar kebijakan privasi ini.
  8. Sebagaimana diperkenankan lain berdasarkan Kebijakan Privasi ini.

 

 

13 Manajemen dan keamanan data

13.1 Manajemen Data

Perangkat Lunak mengumpulkan informasi atas penggunaan internet dan perangkat komputer anda. Sesuai dengan peraturan perlindungan data yang berlaku dan standar profesional yang berlaku atas industri riset pasar sehubungan dengan negara asal dari pengumpulan data, data web idividual dan informasi personal anda akan disimpan dan dipindahkan ke pusat data grup GfK atau pusat data dari perusahaan hosting pihak ketiga yang ditunjuk di Uni Eropa atau luar negeri dimana perusahaan-perusahaan grup GfK, termasuk namun tidak terbatas pada GfK dan GfK SE, memiliki akses terhadapnya. Seluruh pihak penyedia pihak ketiga yang terlibat secara kontraktual akan diwajibkan untuk merahasiakan informasi anda dan menggunakan informasi tersebut hanya untuk tujuan dimana mereka ditunjuk.

Entitas legal GfK di Amerika Serikat yang terlibat dalam Program wajib tunduk kepada U.S.-EU Safe Harbor Framework dan U.S.-Swiss Safe Harbor Framework yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan Amerika Serikat sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan, dan retensi atas Data Personal dari negara-negara anggota Uni Eropa dan Swiss. Entitas US GfK yang relevan telah menyatakan bahwa mereka tunduk kepada Safe Harbor Privacy Principles ("Prinsip”) atas pemberitahuan, pilihan, pengalihan selanjutnya, keamanan, integritas data, akses, dan penegakan. Untuk mengetahetahui lebih lanjut mengenai program Safe Harbor, dan melihat sertifikasi GfK, silahkan mengunjungi http://www.export.gov/safeharbor/.

13.2 Keamanan data

Perusahaan-perusahaan Grup GfK, yang terlibat dalam Program telah melaksanakan upaya-upaya keamanan secara fisik, organisasi, kontraktual, dan teknologi guna melindungi informasi personal anda dari kehilangan atau pencurian, akses yang tidak sah, pengungkapan, pembuatan Salinan, penggunaan atau modifikasi. Pegawai-pegawai yang diberikan akses terhadap informasi personal anda adalah mereka yang ‘memilki keharusan untuk mengetahuinya’ untuk keperluan bisnis atau yang tugasnya menyaratkan dirinya untuk mengetahui informasi tersebut. Seluruh dari perusahaan yang terlibat telah melaksanakan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi basis data yang mencakup informasi personal anda. Sistem yang digunakan untuk menyimpan informasi personal anda berlokasi di pusat data yang aman.Perusahaan-perusahaan Grup GfK yang terlibat dalam proyek mencegah intrusi elekronik dengan menggunakan teknologi firewall. Pegawai yang diberikan atas akses informasi personal anda hanya dapat mengaksesnya dengan menggunakan koneksi yang aman dan password dari jaringannya yang terkait.

Namun disayangkan, tiada transmisi data melalui internet yang dapat dijamin 100% aman. Karenanya, walaupun kami berusaha untuk melindungi informasi personal anda, perusahaan-perusahaan Grup GfK yang terlibat dalam Program tidak dapat memastikan atau menjamin keamanan dari setiap informasi yang ditransmisikan oleh anda kepada kami atau dari produk online atau layanan kami. Ketika kami menerima transminsi anda, kami akan memberikan upaya terbaik kami untuk memastikan keamanannya pada sistem kami

 

14 Informasi pada Perangkat Lunak

14.1 Jenis-jenis informasi apa saja yang dikumpulkan oleh Perangkat Lunak?

Perangkat Lunak dibuat untuk merekam dan mengumpulkan informasi mengenai pemakaian internet dan perangkat komputer anda tanpa secara material merubah performa perangkat mobile atau kecepatan penelusuran internet anda.

Perangkat Lunak mengumpulkan jenis-jenis informasi berikut:

  • Seluruh jalur HTTP dan HTTPS yang anda jalankan dengan perangkat lunak apapun atau agen pengguna, termasuk, namun tidak terbatas pada, seluruh web browsers, dimana data yang terkumpul meliputi:
  • URLs dari seluruh halaman web yang secured / encrypteddan un-encrypted (URL adalah alamat dari suatu website yang spesifik atau file pada internet),
  • seluruh isi dari halaman web yang secured / encrypteddan non-encrypted, kecuali untuk halaman web dari bank dan institusi kredit.
  • seluruh cookiesHTTP dan HTTPS yang GfKatau pihak ketiga ciptakan ke dalam browser anda. Untuk informasi mengenai data yang dikumpulkan melalui cookies, mohon merujuk kepada bagian “Penggunaan Cookies” di bawah.
  • data mengenai peralatan komputer anda yang secara umum tersedia ketika perangkat komputer anda tersambung ke Internet (sebagai contohnya, alamat IP anda, sistem operasi dan tipe browser)
  • nama-nama dari aplikasi-aplikasi lain yang terinstal pada dan nama-nama dari proses yang bekerja di perangkat komputer anda

14.2  Jenis-jenis informasi apa saja yang tidak dikumpulkan oleh Perangkat Lunak?

Perangkat Lunak tidak mengumpulkan keystrokes, nama pengguna, password, nomor kartu kredit atau nomor rekening finansial lain kecuali suatu website akan menambahkan informasi tersebut ke dalam alamat internet (URL) atau suatu website yang menampilkan informasi tersebut pada suatu halaman konfirmasi. Tolong dipastikan bahwa pengumpulan informasi personal bukanlah tujuan dari Program, dan setiap data personal yang tidak disengaja terkumpul tidak akan digunakan untuk kegiatan yang dituju atau kegiatan periklanan.

Tergantung pada bagaimana situs web yang anda kunjungi mengirim informasi, tidak dapat dikesampingkan bahwa GfK mendapatkan akses ke informasi pribadi anda, termasuk informasi sensitif seperti misalnya, mengenai etnis anda, pendapat politik, keyakinan agama atau filsafat, keanggotaan organisasi, kesehatan atau kehidupan seks. Yakinlah bahwa mengumpulkan informasi pribadi seperti itu adalah bukan tujuan dari program ini dan semua data pribadi yang sengaja dikumpulkan tidak akan digunakan untuk aktivitas penargetan atau iklan.

14.3 Apa makna dari “secured session” dan “HTTPS” dalam praktik dan bagaimana saya mengetahuai apakah suatu sesi pada suatu website aman?

Secured session berarti informasi yang anda tukar dengan suatu website yang terenskripsi ketika transmisi. Enskripsi digunakan oleh banyak operator website, baik melalui keseluruhan website atau secara privasi, area non-publik. Seringkali ketika anda memasukan nama pengguna (username) dan password pada websites atau mengisi formulir secara online, enskripsi digunakan. Website yang pada umumnya menggunakan enskripsi untuk mengamankan data pribadi termasuk namun tidak terbatas pada, jejaring sosial (social networks), email berbasis website, situs belanja online dan perbankan internet. Bahkan alat pencari (search-engines) dan situs publik lainnya untuk mana tidak mensyaratkan login-credentials, secara default atau berdasarkan permintaan, juga menggunakan enskripsi.

Tujuan utama dari enskripsi lalu lintas internet adalah untuk mengurangi risiko yang disebut skenario “orang yang di tengah (man in the middle)” dimana penyerang (attacker) menangkap informasi yang anda tukarkan dengan suatu website. Tanpa enskripsi, informasi tersebut disajikan dalam teks yang polos dan karenanya dapat dibaca manusia.

Indikasi untuk suatu halaman yang sedang diamankan (secured) dan di-enskripsi (encrypted) adalah ketika alamatnya (URL), yang ditampilkan dalam kotak lokasi browser, yang dimulai dengan https:// (“HyperText Transfer Protocol Secure”) daripada “http://” “http” (“HyperText Transfer Protocol”) sebagai tambahan, web browsers dapat, tetapi tidak selalu harus, secara visual mengindikasikan ketika suatu halaman dienskripsi (encrypted), sebagai contoh, melalui suatu simbol gembok yang ditampilkan di samping alamat internet, atau warna dari kotak lokasi.

14.4 Mengapa GfK mengumpulkan URLs dari halaman-halaman yang aman (secured) / terenskripsi (encrypted)?

Program mempelajari perilaku konsumen. Karena banyak website relevan yang mungkin anda kunjungi dapat saja dienskripsi secara otomatis (by default) atau segera setelah anda masuk, tidak termasuk URLs dari seluruh halaman ter-secured dari pengumpulan data akan mengenakan pelarangan yang substansial terhadap riset.

 

 

15 Dialog seleksi pengguna dan pilihan “Mode pribadi (Private mode)”

Setiap kali web browser yang kompatibel dengan Perangkat Lunak mulai dinyalakan, Perangkat Lunak tersebut akan menampilkan dialog seleksi pengguna. Jika fitur ini ada pada versi Perangkat Lunak yang anda peroleh dari GfK, maka peserta yang telah terdaftar dapat masuk (sign in) dengan memilih namanya dari dialog ini. Pengguna yang tidak teregistrasi pada perangkat komputerharus memilih “Tamu (Guest)”. Jika web browser yang tidak kompatibel digunakan, maka dialog pengguna tidak akan muncul dan tiada orang dapat masuk (signed in).

Jika "Tamu (Guest)" dipilih dari dialog seleksi pengguna, Perangkat Lunak tidak akan mengumpulkan informasi yang secara personal teridentifikasi. Khususnya, alamat-alamat (URLs) dari website yang dikunjungi akan, sebelum ditransmisikan kepada GfK, dibuang ke belakang yang diistilahkan "tingkat domain tertinggi (top level domain)" (seringkali berdasarkan kode negara atau ".com", etc.), contohnya: "https://www.google.com/", sisa dari halaman akan dihapuskan. Sebagai alternatif, Perangkat Lunak dapat dikonfigurasikan untuk tidak mengumpulkan data sama sekali ketika "Tamu (Guest)" telah masuk (signed in), atau hanya untuk menghitung jumlah dari alamat-alamat internet yang dikunjungi oleh "Tamu (Guests)" tanpa mereka alamat-alamat yang aktual.

Perangkat Lunak dapat menawarkan suatu “mode Pribadi (Private mode)”. Jika fitur ini tersedia pada versi Perangkat Lunak yang anda peroleh dari GfK, akan terdapat suatu pengaturan yang tersedia untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan “mode Pribadi (Private mode)”. Mohon merujuk kepada manual pengguna untuk rinciannya. Memasuki “mode Pribadi (Private mode)” akan mematikan perekaman informasi sebagaimana didefinisikan oleh perjanjian ini. Hanya tanggal dan waktu yang akan tercatat dan terlaporkan ke GfK setiap saat anda menyalakan atau mematikan “mode Pribadi (Private mode)”. Dalam “mode Pribadi (Private mode)”, Perangkat Lunak akan menampilkan pengingat (reminder) dari waktu ke waktu dan akan memberikan anda pilihan apakah anda akan menon-aktifkan “mode Pribadi (Private mode)” atau akan tetap mengaktifkannya. Anda akan selanjutnya dapat memilih apakah anda akan menon-aktifkan atau tetap mengaktifkan “mode Pribadi (Private mode)”. Untuk lebih rincinya, mohon merujuk kepada manual pengguna Perangkat Lunak.

Dalam hal versi Perangkat Lunak yang anda peroleh dari GfK tidak memiliki suatu “mode Pribadi (Private mode)”, fitur ini dapat ditambahkan ketika dilakukan pemutakhiran atas Perangkat Lunak di masa mendatang dalam rangka meningkatkan lebih lanjut perlindungan privasi.

Menggunakan mode “Tamu (Guest)” atau “mode Pribadi (Private mode)” (apabila ada) secara konstan dapat, namun demikian, membatalkan kelayakan anda terhadap Program dan penghargaan.

 

16 Informasi mengenai mode “Incognito” danpengaturan “Tidak Melacak (Do Not Track)”

Web browser modern dapat mempunyai fitur berselancar (surfing) “pribadi (private)” atau “incognito” dan sesuatu yang disebut pengaturan “Tidak Melacak (Do-Not-Track)”. Mohon diperhatikan bahwa memilih mode “pribadi (private)” atau “incognito” pada browser anda atau mengakitfikan pengaturan “Tidak Melacak (Do-Not-Track)” tidak akan mencegah pengumpulan data oleh Perangkat Lunak.

 

17 Pengguna Cookies

17.1 Apa itu cookies?

Cookies adalah file kecil yang disimpan pada perangkat mobile. Cookies memperkenankan pengenalan browser dari pengunjung websites. Karenanya pengaturan yang dibuat sendiri dapat disimpan, sebagai contohnya, untuk melakukan pencarian atau untuk daftar belanja pada belanja online. Cara ini tidak memerlukan untuk masuk ulang (re-entry). Sebagai aturan, cookies hanya dipertahankan untuk waktu yang terbatas dan untuk alasan keamanan mereka hanya dapat dibaca oleh website (domain) yang membuat cookie pada mulanya.

17.2 Bagaimana GfK menggunakan cookies?

GfK dapat menggunakan App untuk mengarahkan ulang browser anda, tidak dapat diberitahukan kepada anda sebagai pengguna, dari mana GfK atau pihak ketiga menciptakan cookies pada browser anda. GfK dapat menggunakan survei-survei untuk mana anda diundang dalam rangka keikutsertaan dalam Program untuk menciptakan cookies pada browser anda atau pemberitahuan penggunaan App dalam rangka mengirimkan anda tautan-tautan kepada website GfK dan pihak yang akan menciptakan cookies ketika anda mengunjunginya.

Cookies GfK berfungsi untuk menentukan jika dan kapan anda diekspos ke iklan online tertentu.

Cookies dari pihak ketiga berfungsi untuk menampilkan iklan pada beberapa websites publik yang besar daripada iklan yang akan muncul pada webstei yang sama jika App tidak diinstal. Peserta-peserta dalam panel dan studi yang menggunakan dasar App dapat diundang untuk survei-survei mengenai periklanan yang mereka lihat di internet.

App dapat membaca isi cookies, termasuk nomor identifikasi unik yang disimpan dalam cookies yang diciptakan oleh websites lain pada browser anda. GfK akan menganalisa isi dari cookie tersebut untuk keperluan riset pasar. Dalam beberapa hal, GfK akan menginformasikan isi dari cookie, termasuk nomor identifikasi unik yang disimpan dalam cookies, beserta dengan pemilik domains atau operator websites dari mana cookies dibuat, bersamaan dengan informasi mengenai perilaku web browsing anda sebagaimana dikumpulkan melalui App.

 

18 Perubahan terhadap kebijakan privasi

Jika ada perubahan-perubahan terhadap kebijakan privasi kami, maka kami akan menginformasikan kepada anda melalui email dan memeperbaharui kebijakan privasi, sehingga pengguna-pengguna kami akan selalu menyadari informasi apa saja yang kami kumpulkan, bagaimana kami menggunakannya, dan dalam situasi apa, apabila ada, kami mengungkapkannya. Namun apabila kami akan menggunakan Program informasi personal peserta, termasuk alamat-alamat email, dengan cara yang berbeda dari apa yang disebutkan pada saat dikumpulkan, kami akan memberitahukan mereka melalui email. Para pengguna akan memiliki pilihan mengenai apakah kami pernah menggunakan informasi mereka dengan cara lain atau tidak.

 

19 Pertanyaan-pertanyaan dan ketidak-ikutsertaan(opt-out)

Jika anda memiliki pertanyaan-pertanyaan atau terdapat suatu hal mengenai Perjanjian ini, Aplikasi atau Program, mohon dapat menghubungi kami pada alamat berikut: hotline.digital_Indonesia@gfk.com.

Anda dapat sewaktu-waktu mengakhiri keikutsertaan anda dalam Program dengan cara membuang (uninstalling) Aplikasi dari perangkat (-perangkat) anda dan memberitahukan kepada kami dengan cara menuliskan ke alamat email yang tersebut di atas. Mohon diperhatikan bahwa anda harus menghapuskan cookies secara manual.

 

Terakhir kali diperbaharui 9 Juni 2015